Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menimbulkan kesan mendalam bagi masyarakat setempat.

 

Selama satu bulan penuh kehadiran prajurit TNI di kecamatanitu, membuat masyarakat merasa semakin dekatdengan TNI. Mereka bangga karena TNI benar-benar bisa beradaptasi dengan kehidupan masyarakat setempat.

 

“Kami senang karena bapak-bapak tentara baik-baik semua. Mereka tidak segan membantu pekerjaan warga padahal mereka juga pasti lelah karena setiap hari harus memperbaiki jembatan TMMD,” kata Arbainah, warga Desa BapinangHilir.

 

TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir, Babirah dan Bapinang Hulu pada 22 September hingga 21 Oktober 2020. Sebanyak 150 personel dilibatkan terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat.

 

Sasaran fisik yang dikerjakan terdiri dari perbaikan tiga jembatan dan satu mushalla serta pembangunan pos terpadu. Selain ituada juga sasarannonfisik yang telah ditetap kan untuk dicapai.

 

Selama satu bulan pelaksanaan TMMD, prajurit menginap di rumah-rumah warga yang menjadi keluarga asuh mereka. Pribadi TNI yang merakyat, membuat mereka sudah terbiasa dan tidak sungkan membant upekerjaan warga di sela istirahat mereka melaksanakan sasaranfisik dan nonfisik TMMD.

 

“Para ┬átentara tidak malu membantu kami mengupas kelapa, menganyam atap daun, bahkan membantu memasak di dapur. Kami jadi sangatterharu. Makanya kami sedih TMMD berakhir karena harus berpisah dengan mereka,” kata Arbainah.

 

Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari yang sekaligus Komandan SatuanTugas TMMD, menyampaikan terima kasih nya kepada seluruh masyarakat yang telah menerima mereka dengan sangat baik dan penuh ke keluargaan.

 

“Saya memohon maaf jika selama kami melaksanakan TMMD ini ada kesalahan atau membuat repot pemerintah dan masyarakat. Kami mohonmaaf. Kami juga berharaphasil TMMD ini dirawat dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk jangkawaktu lama,” kata Akhmad Safari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here