Kotawaringin Timur-Dalam rangka menyambut HUT ke 63 Kodam XII/Tanjungpura tahun 2021, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan di Desa Terantang Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur, Jum’at (2/07/2021).

Rangkaian kegiatan ini meliputi pemberian vaksinasi Covid-19 kepada para anggota Tim Regu Siaga Api (RSA) desa dan warga masyarakat, Sosialisasi Bahaya Karhutla serta Bhakti Sosial berupa pemberian paket sembako kepada warga terdampak Covid-19.

Acara ini dihadiri langsung oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto, Kapolda Kalimantan Tengah Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, Unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur, General Manager PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) Taryono Darusman, Tim Regu Siaga Api (RSA), serta undangan dan warga masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad sangat mengapresiasi kepedulian pihak PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) kepada warga masyarakat disekitar perusahaan di wilayah Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terutama dimasa pandemi wabah Covid-19 seperti saat ini.

Lebih lanjut, Pangdam mengatakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) adalah suatu pekerjaan yang cukup rawan dan sangat beresiko.

“Para anggota Tim RSA harus mendapatkan perlindungan, khususnya perlindungan dari paparan wabah Covid-19 melalui kegiatan vaksinasi,”, ucap Pangdam Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

“Setelah kegiatan di tempat ini, kita dapat mereplikasikan kegiatan yang serupa di tempat lain, mari kita bersama selalu disiplin melakukan protokol kesehatan (Prokes) guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid-19 yang sangat berbahaya ini khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah”, tandas Pangdam XII/TPR

Pada kesempatan yang sama General Manajer PT.Rimba Makmur Utama Taryono Darusman menjelaskan bahwa PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) yang didirikan pada tahun 2006 ini bergerak di bidang restorasi dan konservasi di sektor kehutanan.

Menurutnya karena saat ini akan memasuki musim kemarau yang sangat rawan terjadinya ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), maka perlu dilakukan persiapan untuk melaksanakan kegiatan pencegahan Karhutla.

“Tim Regu Siaga Api (RSA) harus mengikuti vaksinasi Covid-19 terlebih dahulu untuk memberikan perlindungan dari serangan wabah Covid-19, ini menjadi sangat penting agar Tim RSA siap melakukan kegiatan patroli siaga Karhutla di lapangan”, kata Taryono.

Dandim 1015/Sampit mengatakan Saya memiliki visi dan misi yang sama dengan PT.Rimba Makmur Utama, yaitu mengajak masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk bersama sama menjaga hutan dari ancaman Karhutla dengan membuka lahan pertanian dan berladang tanpa membakar dan selalu menaati protkes demi menekan dan memutus mata rantai covid-19 yang sedang melanda negara kita ini khususnya .dan masyarakat supaya segera bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here