Sampit (ANTARA) – Pemadaman kebakaran hutan dan lahan melalui jalur udara menggunakan helikopter untuk melakukan “water bombing” atau pengeboman air masih sangat dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran lahan di Kalimantan Tengah. “Seperti saat kami melakukan patroli udara, terlihat masih ada kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Katingan yang lokasinya tidak dapat terjangkau oleh pasukan darat untuk pemadaman kebakaran sehingga sulit dipadamkan. Lokasinya di Desa Tumbang Panggo,” kata Komandan Kodim 1015/Sampit Letkol CZI Akhmad Safari di Sampit, Jumat.

Selaku Komandan Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Akhmad Safari rutin melakukan patroli darat dan udara di wilayah Kodim 1015/Sampit yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur, Katingan dan Seruyan.

Patroli dilakukan untuk memantau kondisi di lapangan sebagai bahan menentukan langkah tepat yang akan diambil untuk penanggulangan kebakaran lahan. Pemantauan udara dilakukan untuk mengetahui posisi kebakaran lahan yang terjadi sehingga bisa diputuskan pemadaman akan dilakukan oleh tim melalui jalur darat harus melalui udara.

Kamis (26/9), Akhmad Safari melakukan patroli udara di wilayah Kabupaten Katingan menggunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Dia menempuh perjalanan darat dari Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur menuju Kasongan Kabupaten Katingan.

Patroli udara dilakukan dengan rute Kasongan-Petak Bahandang-Baun Bango-Kamipang-Mendawai. Semua wilayah itu masuk Kabupaten Katingan.

Dari ketinggian terlihat kebakaran lahan terjadi di Desa Tumbang Panggo Kecamatan Tasik Payawan. Lokasinya cukup jauh dari akses jalan darat maupun sungai sehingga sulit dijangkau oleh tim pemadam kebakaran darat.

Untuk kebakaran lahan yang lokasinya jauh seperti itu, tidak ada pilihan selain mengandalkan upaya pemadaman melalui udara. Akhmad Safari berharap pemadaman melalui udara bisa dioptimalkan.

Sampit, 25/9/19. Bertempat diaula Jend. Sudirman Dandim 1015/Spt membuka secara resmi kegiatan Bhakti sosial donor darah dalam rangka HUT TNI Tahun 2019.

Dalam penyelenggaraan Kegiatan baksos kodim sampit mengadakan beberapa kegiatan salah satunya Donor darah.

kegiatan baksos donor darah dilaksanakan selama satu hari, dan dihadiri oleh beberapa instansi diantaranya Polres Kotim, Basarnas Kotim, Persit KCK Cabang XLI Dim 1015/Spt, kompi senapan A Yonif Raider 631/Atg. “Terimakasih untuk undangan yang telah hadir dan mendukung kegiatan ini dan saya berharap semoga kegiatan donor darah ini benar – benar bermanfaat bagi kemanusiaan” ucap Dandim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari, SH dalam sambutan pembukaan.

Dalam pelaksanaan kegiatan baksos donor darah kodim sampit menggandeng PMI kotim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here