Kotawaringin Timur-Guna mengantisipasi datangnya bencana alam Kodim 1015/Sampit latihan teknis dan simulasi penanggulanggan bencana dan penanganan korban banjir dengan melibatkan Intansi terkait. Kegiatan latihan tersebut antara lain pengoperasian LCR/Kapal Longjir dan tehnik pertolongan pada korban banjir. Kegiatan dilaksanakan di Jln. Jenderal Sudirman KM. 9 Kel. Pasir Putih Kec. MB Ketapang Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalimantan Tengah,Rabu(07/07)K

egiatan tersebut dihadiri oleh Kasiops Kasrem 102/Pjg, Kodim 1015/Spt, Kipan A Yonif Raider 631/Antang, Polres Kotim, Batalyon Brimob Kotim, Pos SAR Sampit, BPBD Kab. Kotim, Dinkes Kotim, Poskes XII.10.09 Sampit, PMI Kotim, PT.RMU, MA Sampit ( Rimba Utama Makmur ) dan elemen masyarakat lainnya.

Kasiops Kasrem 102/Pjg Kolonel Kav Heru Baharuddin,S.Sos mengatakan, bahwa Latihan Dril teknis dan simulasi penanganan Korban Banjir merupakan tahapan – tahapan penanggulangan bencana , Semua aparat Baik TNI,POLRI serta instansi pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat lainnya harus siap apabila di gerakan, karena penanggulangan bencana alam ini merupakan salah satu tugas pokok kita.

“Marilah kita sama – sama mempersiapkan diri sesuai prosedur untuk melaksanakan tugas karena Bencana tidak bisa kita predeksi,kita hanya bisa memperkirakan daerah yang akan terjadi bencana.” Ujar Kasiops Kasrem 102/Pjg, Kolonel Kav Heru Baharuddin, S.Sos.

Pasiops Kodim 1015/Sampit Kapten Inf Joko Susilo mengatakan bahwa Adapun materi yang diberikan kepada para peserta latihan terdiri dari teori dan teknik spesifikasi pengoprasian perahu modern ataupun tradisional dan memberi pertolongan pada korban banjir yang tenggelam yang dijelaskan langsung oleh anggota Rescuer Pos SAR Sampit, Bapak Ridwan.

Dalam aplikasi di medan sebenarnya, para peserta latihan dituntut untuk mampu melaksanakan teknik dalam penanggulangan banjir, mengevakuasi korban serta peberian materi tentang kesehatan lapangan.

Secara terpisah Dandim 1015/Sampit Letkol Czi Akhmad Safari menuturkan bahwa Kodim 1015/Sampit selalu siap jika dimintai bantuan untuk kegiatan tanggap darurat penanggulangan bencana alam. Melalui Babinsa di tiap wilayah pedesaan, akan terus memantau setiap perkembangan yang terjadi terutama di wilayah yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana alam

”Dengan kita melakukan latihan dan menyiapkan personel maupun meteriil ini secara tidak langsung ikut membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kabupaten Kotim,” pungkas Dandim 1015/Sampit Letkol Czi Akhmad Safari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here